JENIS - JENIS TANAMAN HIAS HIDROPONIK

, , No Comments
Jenis penanaman secara hidroponik, sekarang ini bukan suatu hal yang baru lagi karena sudah ada banyak orang, baik yang menggunakannya sebagai bisnis menguntungkan atau juga orang awam, yang melakukannya.

Kata hidroponim sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu hydro yang memiliki artian air dan ponos yang berarti tenaga bekerja.

Jika keduanya digabungkan, maka hidroponik berarti teknik penanaman dengan menggunakan metode dan media tanam berupa air yang di dalamnya telah terdapat nutrisi terlarut tanpa menggunakan tanah sedikitpun.

Maraknya penggunaan metode hidroponik karena tempat dan media tanamnya tidak susah untuk didapat dan tidak memerlukan tempat yang luas.

Bahkan, kabarnya dengan menanam tanaman menggunakan metode hidroponik, maka akar tanaman akan lebih sehat dan cepat tumbuh dibandingkan dengan menggunakan media tanam berupa tanah.

Nah, khususnya untuk tanaman hias, ada pula jenis tanaman hias yang ditanam dengan menggunakan metode hidroponik. Berikut ini adalah jenis tanaman hias hidroponik yang dapat Anda miliki atau tanam di rumah.

Suplir

Dengan nama lain Adiantum, Suplir merupakan tanaman hias yang cukup bagus untuk ditanam dengan menggunakan metode hidroponik.

Daunnya yang cukup kecil dan memang membutuhkan tempat yang lembab, maka metode seperti ini justru dapat membuatnya tumbuh subur.

 Selain itu, penanaman suplir dengan menggunakan metode hidroponik juga tidak membutuhkan banyak cahaya matahari, sehingga Anda dapat menempatkannya di tempat yang tertutup.

Keladi Red Star

Nama latin dari tanaman hias satu ini adalah Caladium bicolor. Tanaman hias ini memiliki sisi menarik yang ditunjukkan dari bentuk daunnya yang seperti bintang berwarna merah dan tangkai berwarna merah muda.

Walaupun menggunakan metode hodriponik, namun untuk menanamnya, Anda harus menempatkan Keladi Red Star ini di tempat yang dapat menerima cahaya matahari.







Aglaonema

Nama lain dari aglaonema adalah sri rejeki yang memiliki ciri khas daun lonjong dengan bintik-bintik  serta garis berwarna abu-abu keperakan.

Untuk menanmanya, Anda harus meletakkan di tempat yang dapat terkena sinar matahari.

Namun perawatan dari tanaman hias aglaonema ini dapat dibilang susah karena jika tidak berhati-hati, maka dapat membuatnya layu dan kemudian mati.


Anggrek

Memang pada umumnya, anggrek ditanam di media tanam berupa sekam atau arang lembab, namun bukan berarti Anda tidak dapat menanamnya dengan menggunakan metode hidroponik.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memindahkan tanaman anggrek ini ke wadah agregat berpori yang sudah berisikan nutrisi.

Fungsi dari agregat ini adalah untuk menahan air yang mana kemudian dapat diserap oleh akar tanaman dan disebarkan ke seluruh batang, daun dan bunganya.


Memang agak susah untuk menanam anggrek dengan metode ini, namun bukan berarti hal itu mustahil dilakukan.

0 komentar:

Post a Comment